Rabu, 18 Maret 2015

Bersabarlah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.                         بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ.                 Allah SWT berfirman :
يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱصۡبِرُواْ وَصَابِرُواْ وَرَابِطُواْ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ
“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu.”
QS Ali Imran : 200
 
Sabar ada tiga macam, yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dari meninggalkan keharaman-keharaman Allah, dan sabar dalam menghadapi takdir Allah.
Sungguh, Allah telah memerintahkan bersabar atas semua hal tersebut.
 
Firman Allah “Wasobbiruw” artinya kalahkanlah orang-orang kafir dengan bersabar. Oleh karenanya, jangan sampai mereka lebih sabar dari kalian semua, karena sesungguhnya mereka menderita kesakitan sebagai mana kalian pun menderita kesakitan, sedang kamu masih dapat mengharapkan dari Allah apa yang tidak dapat mereka harapkan.
 
Firman Allah “Warobbituw” artinya tegakkanlah jihad, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Berjuang sehari di jalan Allah lebih baik dari pada dunia seisinya.”  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda, “Maukah kalian aku tunjukan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapuskan segala macam kesalahan dan mengangkat bebrapa derajat?” para sahabat menjawab, “tentu wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Menyempurnakan wudhu, dalam kondisi yang tidak disukai, memperbanyak langkah kaki ke masjid, dan menanti shalat setelah melakukan shalat. Yang sedemikian itulah yang dinamakan perjuangan.” HR. Muslim.
 
Allah SWT berfirman :
وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَىۡءٍ۬ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٍ۬ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٲلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٲتِ‌ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّـٰبِرِينَ
“Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan dan kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.”
QS Al Baqarah : 155 semoga kita termasuk orang yg sabar in shaa Allah.