Minggu, 05 Oktober 2014

(*) MERAIH PAHALA HAJI YANG SEMPURNA TANPA PERGI KE MEKKAH (*)

Bismillah

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

Bismillah. Disebutkan di dlm beberapa hadits shohih bahwa di sana terdapat amalan-amalan yg jika dikerjakan oleh setiap muslim dan muslimah, maka ia akan meraih pahala yg setara dengan pahala Haji atau Umroh. Diantara amalan-amalan tsb ialah sbb:

» AMALAN PERTAMA:
Pergi Ke Masjid Untuk Belajar Dan Mengajarkan Ilmu Agama

Hal ini berdasarkan hadits berikut ini:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ - رضي الله عنه - أن النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ قَالَ: ((مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ؛ كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ)

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang pergi ke masjid dan tidak ada yang diinginkan selain belajar tentang kebaikan atau mengajarkannya, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala haji yang sempurna.” (Diriwayatkan oleh Ath-Thobroni di dalam Al-Mu’jam Al-Kabir VI/99. Dan derajatnya dinyatakan Hasan Shahih oleh syaikh Al-Albani di dalam Shohih At-Targhib Wa At-Tarhib no. 86).

(*) FAEDAH ILMIYAH DARI HADITS INI:

1. Hadits ini menunjukkan bahwa pergi ke masjid dengan tujuan ingin
menuntut ilmu syar’i atau mengajarkannya kepada orang lain pahalanya setara dengan menunaikan ibadah Haji yang sempurna.

2. Keutamaan besar tersebut hanya diperoleh bagi setiap muslim dan
muslimah yang memenuhi beberapa syarat berikut ini:
(1) Melakukannya dengan niat ikhlas karena mengharap ridho Allah semata.
(2) Ilmu yang dipelajari dan diajarkannya adalah ilmu syar’i yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits-hadits Shohih dengan pemahaman yang benar.

Demikian beberapa faedah ilmiyah yg dapat kami sebutkan dari hadits ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin. (Klaten, 27 September 2014).

» Grup Majlis Hadits, chat room Fadhilah Amal. BB: 7FA61515, WA: 082225243444

» Blog Dakwah, KLIK:
http://abufawaz.wordpress.com