Apa sih efek positif dan negatif untuk tidur pada
jam-jam tertentu? mungkin kita pernah dengar bahwa tidur setelah subuh dapat
mnyebabkan miskin, mitoskah? mari kita pahami dalilnya.
النوم خمسة انواع العيلولة وهو النوم بعد الفجر يورث
الغفلةوالغيلولة وهو النوم وقت الضحى يورث الفقر والقيلولة وهو النوم وقت الاستواء
يورث الغنى والكيلولة وهو النوم بعد العصر يورث الجنون والفيلولة وهو النوم بعد
المغريب يورث الفتنة
Tidur
ada 5 macam,
1.
'ailulah yaitu tidur setelah fajar, bisa menyebabkan lupa.
2.
ghoilulah yaitu tidur di waktu dhuha, bisa menyebabkan faqir/miskin
3.
qoilulah yaitu tidur di waktu istiwa', menyebabkan kaya
4.
kailulah yaitu tidur setelah 'ashar, bisa menyebabkan gila
5.
failulah yaitu tidur setelah maghrib, menyebabkan fitnah
Keterangan
senada juaga disebutkan dalam kitab tuhfatul habib syarah khotib
وفي تذكرة الجلال السيوطي النوم في أول النهار عيلولة
وهو الفقر وعند الضحى فيلولة وهو الفتور وحين الزوال قيلولة وهي الزيادة في العقل
وبعد الزوال حيلولة أي يحيل بينه وبين الصلاة وفي آخر النهار غيلولة أي يورث
الهلاك .
disebutkan
dalam kitab tadzkiroh buah karya al-jalal as-suyuthi bahwa:
tidur
di permulaan siang (pagi hari) disebut 'ailulah yaitu (menyebabkan)
kefakiran(kemelaratan).
tidur
di waktu dluha disebut failulah, (menyebabkan) kelemahan/lesu pada badan.
ketika
tergelincir matahari (zawal) disebut qoilulah, dapat menambah (kecerdasan)
akal.
tidur
setelah zawal disebut chailulah, yakni dapat menghalangi antara orang itu dan
sholat.
dan
tidur di akhir siang (sore hari) disebut ghoilulah, dapat menyebabkan binasa.
Penjelasan
lebih detilnya disebutkan dalam Kitab syarah mandumatul adab
(2/355) karya syeh muhammad bin ahmad as safarini
مطلب : في كراهة النوم بعد الفجر والعصر : ونومك بعد
الفجر والعصر أو على قفاك ورفع الرجل فوق أختها امدد ( و ) يكره ( نومك ) أيها
المكلف ( بعد ) صلاة ( الفجر ) لأنها ساعة تقسم فيها الأرزاق فلا ينبغي النوم فيها
، فإن ابن عباس رضي الله عنهما رأى ابنا له نائما نومة الصبحة فقال له : قم أتنام
في الساعة التي تقسم فيها الأرزاق .
وعن بعض التابعين أن الأرض تعج من نوم العالم بعد صلاة
الفجر ، وذلك لأنه وقت طلب الرزق والسعي فيه شرعا وعرفا عند العقلاء . وفي الحديث
{ اللهم بارك لأمتي في بكورها } .
وفي غريب أبي عبيد قال : وفي حديث عمر رضي الله عنه {
إياك ونومة الغداة فإنها مبخرة مجفرة مجعرة } قال : ومعنى مبخرة تزيد في البخار
وتغلظه . ومجفرة قاطعة للنكاح . ومجعرة ميبسة للطبيعة " .
Tidur
setelah subuh hukumnya makruh karena waktu tersebut adalah saat dibagikannya
rizki maka tdk baik tidur waktu itu.Ibnu abbas pernah melihat seorang anaknya
yg tidur setelah subuh,
beliau
berkata :" bangunkah, apakah engkau tidur di saat rizki dibagikan
didalamnya. "dari sebagian tabi'in bahwa sesungguhnya bumi berteriak
karena tidurnya orang alim setelah sholat subuh,
hal
itu disebabkan waktu tersebut adalah waktu untuk mencari rizki dan berjalan di
dalamnya secara syara' dan adat kebiasaan menurut orang-orang yang berakal.
Dalam
hadis Nabi :" Yaa Allah berkahilah ummatku di waktu paginya "
Dalam
hadisnya umar :" berhati hatilah kalian dari tidur di waktu pagi, karena
bisa menyebabkan banyaknya uap yg menutupi otak, memutuskan pernikahan dan
mengkeringkan tabi'at. "
قال المناوي : اعلم أن كثرة النوم غير محمودة لكثر
مفاسده الأخروية ، بل والدنيوية ، فإنه يورث الغفلة والشبهات وفساد المزاج الطبيعي
والنفساني ويكثر البلغم والسوداء ويضعف المعدة وينتن الفم ويولد دون القرح ويضعف
البصر والباه حتى لا يكون له داعية للجماع ، ويفسد الماء ويورث الأمراض المزمنة في
الولد المتخلق من تلك النطفة حال تكوينه ، ويضعف الجسد .
al-manawiy
berkata: ketahuilah, sesungguhnya banyak tidur itu tidak terpuji, karena
banyak menimbulkan keburukan ukhrowi bahkan duniawi. karena banyak tidur
itu menyebabkan lupa, syubhat,
rusaknya
pembawaan tubuh dan jiwa, memperbanyak lendir, lemah semangat/murung,
melemahkan lambung, membuat muluk berbau busuk, menimbulkan luka, melemahkan
penglihatan, nafsu seksual sehingga tidak ada pendorong untuk bersenggama,
merusak (kandungan) air (pada tubuh),
menyembahkan
penyakit lumpuh pada anak yang terbentuk dari air sperma itu ketika terbentuk,
dan melemahkan raga.
هذا في النوم في غير وقت العصر والصبح ، وأما فيهما
فأعظم ضررا لأنه لا يمكن استقصاء مفاسده في العقل والنفس . ومنها أنه يورث ضعف
الحال بحكم الخاصية وعدم الإيمان بالبعث والنشور
hal
ini untuk tidur di selain waktu ashar dan subuh, adapun tidur di waktu tersebut
lebih besar bahayanya, karena tidak mungkin menjelaskan keburukan bagi akal dan
jiwa. termasuk diantaranya: dapat melemahkan hal (keadaan jiwa) dengan
hikmah-hikmah yang tertentu, dan menyebabkan tidak percaya (iman) dengan hari
kebangkitan dan dikumpulkan di (makhsyar) .
Demikian,
semoga bermanfaat dan semoga kita dapat mengambil hikmahnya
wallaahu
a'lam.