Jumat, 07 April 2023

Kebun belakang


Saat melihat ke belakang kita, ku dapati beberapa tetumbuhan yang hijau yang selalu menemaniku duduk di sini...
Tumbuh-tumbuhan itu berwarna hijau, katanya kalau kita sering melihat-lihat yang hijau mata kita bisa sehat loh... lain halnya kalau melihat yang lembaran merah dan biru kita bisa "ijo" bukan hijau... hehehe...betul gak Bro?

Tetumbuhan ini perlu dirawat, cuma kepengen doang, tapi kalau sudah pulang kerja udah cape banget gitu... (bukannya males bang?...😁) 

Kalau Sabtu Minggu sekarang pagi Sabtu atau Minggu mesti nengokin neng Geulis di Rawamangun yang sedang kuliah di UNJ... kasian mumpung masih sehat selalu kami, saya dan istri, selalu meluangkan waktu ke sana.

Alhasil kembali tumbuh-tumbuhan itu terbengkalai lagi .. 

Waktu tahun 2018 hingga pandemi Covid 19 2019 sampai dengan 2020 itu adalah surganya berkebun... tapi sayangnya kurang dokumentasi... karena itu pertama kali saya membuat benih pepaya hingga ratusan tanaman kecil tapi sayangnya saya tidak panda merawatnya sehingga banyak yang mati ditambah tidak ada lahan di rumah saya yang sempit ini sehingga saya coba pertahankan di tanam di pot-pot yang ada dengan harapan nanti kalau sudah besar bisa di tanam di mana-mana... entah di tanah Kodam, tanah orang, tanah siapapun, maksudnya dibagi-bagi .. eh malah kena hama putih .. entah apa namanya sehingga pertumbuhannya tidak sempurna hingga mati...

Tapi tidak sampai disitu saja, saya mulai tertarik dengan hidroponik sehingga saya beli benih kangkung untuk ditanam...melihat biji yang berubah jadi tanaman kecil yang lucu itu sungguh membuatku bahagia.. seperti halnya saat ku menanam pepaya waktu itu.  Setelah besar saya memasaknya (yang masak sih istri deng) dan makannya lahap... merasa hasil kebun sendiri...
Waktu berikutnya saya menanam bayam hijau, pakcoy, seledri dan macam-macam tanaman lainnya... 

Bahagia itu ternyata sederhana... melihat biji-bijian tanaman yang besar-besar hingga yang kecil halus seperti seledri atau selada air lalu menjadi tumbuhan kecil .. wow indaaaah sekaliiii.... 
Mungkin saya salah... tapi jikalau orang yang belum pernah menanam apapun seperti saya dan mencoba menanam dari biji dan menjadi tanaman rasanya semua sama deh akan mendapatkan kenikmatan atas tumbuhnya tunas-tunas muda tersebut... 🥰